Cara Memilih Popok Bayi Baru Lahir

6 Cara Tepat Menentukan Popok Bayi Baru Lahir

Diposting pada

Bagi ibu, memilih popok untuk bayi baru lahir termasuk hal yang cukup membingungkan. Pasalnya, kulit bayi yang baru lahir sangat halus, sensitif, dan masih rentan terhadap lingkungan.

Banyak ibu yang bingung menentukan bagaimana cara memilih popok untuk bayinya yang baru lahir. Daripada pusing, ada baiknya menyimak ulasan artikel berikut ini.

6 Cara Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Cara Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Saat memilih popok bayi, ibu harus memahami bahan-bahan penyusunnya. Sebenarnya produsen sudah membuat popok seaman mungkin, namun terkadang ada bayi yang sensitif terhadap bahan tertentu. Berikut adalah cara memilih popok untuk bayi baru lahir:

1. Pilih Popok Bayi Baru Lahir yang Ukurannya Pas

Setiap popok sekali pakai memiliki ukuran masing-masing yang telah disesuaikan dengan berat badan bayi. Ibu harus memilih yang ukurannya sesuai dengan berat badan si kecil. Pastikan benar-benar pas, tidak terlalu sempit maupun terlalu longgar.

Popok yang terlalu longgar akan membuatnya mudah bocor akibat urin karena ukurannya kebesaran. Sebaliknya, popok yang terlalu kecil dan sempit membuat sirkulasi udara terhambat, sehingga bayi berisiko terkena ruam popok.

Untuk mengetahui, Ibu bisa memeriksa label ukuran yang tertera pada kemasan popok. Pedoman ukuran popok biasanya adalah skala berat badan bayi. Jika berat badan si kecil berada di skala maksimal, maka mungkin saatnya untuk membeli yang lebih besar.

2. Sesuaikan dengan Usia Bayi

Usia bayi adalah unsur yang perlu diperhatikan ketika memilih popok bayi. Seiring waktu bayi akan tumbuh semakin besar. Maka dari itu, tidak ada bayi yang akan memakai popok atau pakaian yang sama dari waktu ke waktu.

Popok untuk bayi yang lebih tua biasanya tidak akan sama dengan popok untuk bayi baru lahir karena bayi yang lebih tua tidak terlalu sering mengompol. Popok untuk bayi yang lebih tua juga harus bisa menyesuaikan dengan aktivitasnya, seperti duduk, merangkak, hingga berjalan.

Popok Merries memiliki dua jenis produk yang dapat dipakai menyesuaikan dengan usia bayi, yaitu popok dengan perekat dan popok jenis celana. Popok dengan perekat cocok dipakai untuk bayi yang belum banyak bergerak.

Adapun popok jenis celana sangat tepat untuk bayi yang mulai beraktivitas. Celana popok dari Merries sangat nyaman karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Popok celana Merries juga dapat direnggangkan hingga 2,5 kali lebih besar.

3. Berdaya Serap Baik

Pastikan memilih popok yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap cairan. Ini juga memungkinkan cairan yang terserap menyebar rata di sepanjang popok. Popok juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar kulit bayi bebas bernapas dan mencegah ruam.

4. Berkualitas Tinggi

Pastikan bahan popoknya lembut dan berkualitas tinggi. Popok juga harus fleksibel dan bisa mengikuti gerakan bayi agar tidak meninggalkan bekas merah dan memicu ruam popok.

5. Pilih Popok Sesuai Kebutuhan

Ibu bisa memakaikan popok sekali pakai dengan perekat. Popok berperekat cocok untuk bayi yang baru lahir hingga mulai merangkak. Gunakan perekat lembut tapi kuat agar tidak menimbulkan gangguan pada kulit bayi.

Merries sebagai produk rekomendasi dan menjadi pilihan nomor 1 para ibu di Jepang menghadirkan popok berperekat, yaitu Merries Premium Tape. Merries Premium Tape memiliki perekat lembut yang bisa dilepas-pasang dan nyaman bagi bayi baru lahir.

Merries Premium Tape memiliki lapisan popok yang nyaman. Permukaan popoknya bergelombang jadi mampu menyerap banyak cairan dan tinja yang lunak. Popok ini juga dilengkapi sirkulasi udara yang baik sehingga kulit bayi bisa bernapas dengan nyaman.

Merries Premium Tape dilengkapi fitur penanda urin yang bisa menjadi alarm kapan saatnya ibu harus menganti popok bayi. Fitur berupa tiga garis berwarna kuning akan berubah warna menjadi biru jika popok telah penuh dan harus diganti.

6. Mahal Belum Tentu Cocok

Popok dengan harga yang mahal belum tentu memiliki kualitas yang terbaik bagi bayi Anda. Jadi, alih-alih melihat harganya, lebih baik perhatikan fitur dan keunggulan suatu produk popok.

Supaya tidak salah beli, cobalah membeli beberapa merek popok dalam kemasan kecil lalu kenakan pada bayi. Jika ibu melihat beberapa produk yang cocok untuk kulitnya, maka pertimbangkan harganya untuk kemudian membeli kemasan yang lebih besar.

Memilih popok bayi baru lahir tidak bisa sembarangan. Jika salah pilih, kulit bayi dapat mengalami iritasi dan ruam yang mengganggu kenyamanan. Sebagai rekomendasi, gunakan Merries Premium Tape yang telah terbukti kelembutannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.