Jenis Asuransi Konvensional di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi Konvensional di Indonesia

Diposting pada

Asuransi saat ini menjadi hal yang dipertimbangkan untuk menjadi bagian dalam hidup. Bagaimana tidak, segala sesuatu butuh proteksi. Masa depan yang belum pasti dan berbagai macam kejadian tak terduga sering menjadi hal yang dikhawatirkan.

Contoh saja keselamatan hidup seseorang. Jika meninggal dunia sementara dia tulang punggung keluarga, lalu bagaimana dengan nasib keluarga yang ditinggalkannya. Bagaimana kelangsungan hidup mereka. Karenanya butuh yang namanya asuransi jiwa.

Hal yang sama berlaku dengan kekayaan seseorang. Misal mobil. Biaya perawatan mobil pastilah mahal. Jika terjadi kecelakaan di jalan atau kerusakan mobil, pasti pemiliknya akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sementara mobil sangat penting untuk kegiatan sehari-hari. Asuransi mobil sangat pas untuk melindungi kendaraan yang dimiliki.

Asuransi di Indonesia

Asuransi di Indonesia

Asuransi adalah jasa perlindungan yang diberikan kepada nasabahnya selama jangka waktu tertentu. Produk asuransi bermacam-macam. Mulai dari asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi karyawan sampai asuransi jiwa.

Ada dua jenis asuransi yang ada di Indonesia, yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Masing-masing punya kelebihan dan keuntungannya sendiri-sendiri.

Asuransi Kovensional di Indonesia

Asuransi konvensional adalah jenis asuransi yang mengedepankan prinsip jual beli resiko. Jadi resiko ekomomi akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan asuransi. Tertanggung hanya perlu membayar premi sesuai dengan jangka waktu yang disepakati bersama.

Orang yang mengajukan asuransi atau yang disebut sebagai tertanggung, bisa mengajukan klaim terhadap sejumlah uang yang sudah disetorkan dengan biaya premi yang sudah dijelaskan oleh perusahaan.

Pengajuan klaim ini bisa dilakukan jika terjadi sesuatu dengan tertanggung. Misal meninggal dunia atau kendaraan mengalami kerusakan. Jadi ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Keuntungan asuransi konvensional

Asuransi konvesional memiliki beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh nasabahnya. Keuntungan yang dimaksud diantaranya :

1. Punya Pilihan Pengelolaan Dana Lebih Banyak

Pengelolaan dana di asuransi konvensional lebih beragam. Ada deposito, reksadana atau produk penyimpanan uang lainnya. Peserta asuransi akan diberi tawaran berbagai pengolana dana tersebut, sehingga peserta dapat memilih mana yang lebih cocok dengan dirinya.

Pengelolaan dana ini juga harus disetujui oleh peserta, sehingga peserta pun bisa mengecek sendiri. Keterbukaan dan tranparansi sangat diutamakan di sini. Peserta pun merasa nyaman dan aman.

2. Keuntungan Lebih Besar

Asuransi konvensional juga biasanya memberikan keuntungan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan adanya jumlah premi yang beragam. Peserta dapat memilih besarnya premi yang dibayarkan tiap bulannya sesuai kemampuan dan kebutuhan.

3. Mengedepankan Praktek Jual Beli Resiko

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi konvensional mengedepankan pinsip jual beli resiko. Artinya perusahaan asuransi akan menanggung segala kerusakan atau meninggalnya tertanggung. Ganti rugi ini sepenuhnya diberikan oleh perusahaan asuransi ketika tertanggung atau keluarga tertanggung mengajukan klaim.

4. Ada Bonus Tambahan

Bagaimana jika tertanggung atau keluarga tertanggung tidak pernah mengajukan klaim sampai batas premi berakhir. Tenang, perusahaan asuransi akan memberikan bonus tambahan Bonus ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh perusahan asuransi atas kehati-hatian tertanggung menjaga asset yang diasuransikan.

Jenis Asuransi Konvensional di Indonesia

Jenis Asuransi Konvensional di Indonesia

Sebenarnya ada beberapa jenis asuransi konvensional di Indonesia. Sebut saja asuransi jiwa, asuransi kendaraan atau mobil, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan lain-lain. Namun yang paling diminati adalah asuransi jiwa dan asuransi mobil.

1. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah asuransi yang memberikan jaminan pertanggungan atau uang kepada ahli waris atau keluarga nasabah, jika nasabah meninggal dunia.

Asuransi jiwa biasanya diambil oleh nasabah yang merupakan tulang punggung keluarga dan sedang mengelola kekayaan pribadi dengan maksimal. Jika nasabah meninggal dunia, nasabah tak perlu khawatir tentang kehidupan keluarganya karena perusahaan akan memberikan uang pertanggungan.

Berdasarkan UU Nomor 42 tahun 2009, asuransi jiwa temasuk dalam jasa yang tidak kena pajak. Jadi missal kita mendapatkan nilai pengembalian premi sebesar 110 persendari setoran awal premi, maka tambahan 10 persen tadi tetap tidak akan dikenakan pajak oleh negara.

2. Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada kendaraan kita, khususnya mobil. Asuransi mobil akan memberikan uang ganti rugi jika kendaraan mobil kita mengalami kerusakan. Baik kerusakan kecil seperti lecet, atau kerusakan parah dan juga rusak karena bencana.

Sebagaimana asuransi jiwa, nasabah akan membayarkan sejumlah premi sesuai jangka waktu yang sudah disepakati bersama. Besarnya premi juga tergantung dari kemampuan nasabah. Nasabah bisa mengajukan klaim ketika kendaraan yang dimilikinya rusak dan perusahaan akan langsung memberikan uang gani ruginya.

Asuransi Mobil dan Asuransi Jiwa di Lifepal

Lifepal adalah marketplace asuransi di Indonesia yang menyediakan berbagai macam asuransi yang dibutuhkan masyarakat.

Banyak perusahaan asuransi terpercaya yang tergabung dalam Lifepal. Semuanya menyajikan beragam produk asuransi yang berkualitas, transparan dan nyaman. Nasabah bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan premi yang harganya bersahabat.

Kita juga bisa melihat secara transparan apa saja yang diberikan oleh perusahaan asuransi lewat lifepal. Selain itu lifepal juga membantu nasabahnya untuk bisa klaim uang penagguhan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Mau mencari asuransi mobil dan asuransi jiwa, langsung saja cari di lifepal.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *