Daftar Harga Hijab & Jilbab di Blibli.com

Step By Step Memilih Bisnis Online untuk Pemula

Diposting pada

Memula bisnis online saat pandemi seperti saat ini bisa menjad peluang besar untuk menambah penghasilan. Selain lebih hemat dalam hal modal karena tidak memerlukan tempat, bisnis online juga menjanjikan keuntungan yang besar jika kita bisa mengelolanya dengan baik.

Masalahnya memulai berbisnis online, terutama bagi pemula tidaklah mudah. Selain belum berpengalaman, pebisnis pemula merasa perlu belajar dari nol untuk memulai usahanya.

Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis Online untuk Pemula
Bisnis Online untuk Pemula

Ada banyak ragam bisnis yang bisa dilakukan secara online. Seperti jualan kue kering, jualan baju, aksesoris dan lain sebagainya.

Bagi pebisnis yang sudah professional, memulai bisnis baru tidak jadi masalah. Hal itu dikarenakan pebisnis professional sudah tahu apa yang harus dilakukan, siapa target dan hal apa yang harus dilakukan. Tinggal mematangkan strategi, maka bisnis baru pun siap dijalankan.

Hal berbeda jika yang memulai bisnis adalah seorang pemula. Ibarat kata, pebisnis pemula ini seperti babat alas. Tidak tahu apa yang akan terjadi setelah bisnisnya berjalan dan bagaimana mengatasi masalah di tengah jalan yang diuar kemampuannya.

Nah untuk memudahkan pebisnis pemula memulai usahanya, ada 8 step tahapan yang harus disiapkan oleh pemula sebelum memulai bisnisnya.

1. Siapkan Ide Bisnis

Ide bisnis bisa ditemukan di banyak tempat. Untuk lebih mudahnya, mulai saja dari hobi sehari-hari, keahlian yang dimiliki, keterampilan yang dikuasai dengan kreativitas tinggi dan ide lainnya. Pastikan ide tersebut sudah dikuasai sehingga kita bisa lebih mudah melakukannya.

2. Pikirkan Dengan Matang Mengenai Produk yang Dijual

Setelah menentukan ide bisnis yang hendak dimulai, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan apa yang harus dilakukan dengan produk yang akan dijual nanti. Apakah dikerjakan sendiri sesuai pesanan, apakah menggunakan sistem drosiper dan reseller dan metode lainnya.

Produk dengan sistem seperti ini biasanya terdapat pada produk aksesoris, kue, tas, baju, furniture dan produk lainnya. Pastikan pembelinya benar-benar butuh akan  produk yang dijual, sehingga kita tetap tepat sasaran.

3. Pahami Kondisi Pasar dan Segmentasinya.

Produk yang Anda jual memiliki pasarnya sendiri di masyarakat. Karena itu pahamilah bagaimana kondisi pasar dan siapa saja segmentasinya. Apakah ibu muda, remaja, berapa rentang usia yang diinginkan, laki-laki atau perempuan, sampai siapa yang sering berbelanja di toko Anda.

Dengan memahami kondisi pasar, pebisnis pemula belajar mematangkan diri sehingga siap untuk berbisnis.

4. Buat Riset Harga Pasar dar Produk yang Hendak Dijual

Semakin hari, jumlah pebisnis pemula semakin banyak dan berkembang. Untuk menyiasatinya, riset dulu harga pasar untuk produk yang hendak dijual. Cari berapa harga pasar produk tersebut. Lalu perhatikan online shop yang menjual harga tersebut. Apakah harganya tinggi dari harga pasar atau lebih rendah.

Buatlah harga yang tidak beda jauh dari pasar atau sedikit lebih rendah. Hal ini akan menguntungkan dari segi pemasaran. Karena akan semakin banyak orang yang tertarik membeli, sehingga pesanan pun semakin banyak.

5. Pilih Platform yang Tepat Untuk Media Jual

Produk yang dijual online biasanya ada di platform media sosial, seperti intagram, facebook maupun twitter. Namun untuk memperluas jangkauan, tambahkan juga marketplace seperti shoope, bulalapak, tokopedia, lazada dan lain-lain.

Platform yang berisi banyak toko online lebih banyak mendatangkan konsumen. Jangkauannya lebih luas sehingga lebih mudah dikenal masyarakat. Karena itulah pengusaha pemula harus bisa membuat konten positif mengenai produk yang dijual.

6. Jaga Konsistensi Pemasaran

Setelah berhasil membuat konten positif mengenai produk Anda, jangan lupa untuk rutin melakukannya. Minimal posting satu kali sehari. Postinganya pun diusahakan ditampilkan dengan gambar yang bagus, sehingga menarik minta calon pembeli.

Konsisten membuat konten mengenai produk yang dijual juga bisa membangun kepercayaan nasabahnya. Dengan begitu, nasabah atau calon pembeli akan melihat jika produk Anda memang bagus. Apalagi kalau disertai dengan review beberapa orang yang merasakan manfaat positif dari produk tersebut.

7. Buat Promosi yang Menarik

Promosikan produk Anda dengan baik, baik melalui media sosial maupun marketplace. Jaga rutinitas postig dan jangan posting terlalu sering, karena bisa merusak citra brand di mata pelanggan. Postingan berupa promosi pun harus dibuat semenarik mungkin agar menarik minat calon pembeli.

8. Evaluasi Produk

Setelah semua hal sudah dilakukan dengan benar step by step. Maka langkah terakhir yang harus dilakukan pebisnis pemula adalah mengevaluasi kerjanya. Apa saja kesulitan dan halangan yang terjadi selama menjalankan bisnis pemula ini. Catat semuanya dan perbaiki.

Jasa Desain Logo untuk Pebisnis Pemula

Jasa desain logo adalah jasa yang dilakukan untuk membuat logo produk sehingga nampak menarik di mata konsumen. Jasa desain logo ini sekarang bisa didapatkan di sribulancer.com

Ada banyak desain packaging yang tersedia di sana. Selain itu ada garansi uang kembali jika hasil logo yang dibuat tidak memuaskan pelanggan. Ada kesalahan desain. Tenang saja, desain grafis bisa melakukan revisi sebanyak yang diminta. Hasil desain packagingnya pun dijamin bagus karena dikerjakan oleh tim yang sudah berpengalaman.

Transaksi yang dilakukan di sribulencer juga aman karena uang ditahan dulu sebelum diberikan kepada jasa desain logo. Setelah desain jadi dan pelanggan puas, uang baru diberikan. Hal ini membuat transaksi di sribulencer aman dan bebas penipuan.

Keunggulan lainnya ada pada hasil logo dan desain packaging yang dibuat, yaitu murni dari ide sendiri. Budgetnya pun bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan juga hasil desain packaging yang sudah dihasilkan.

Setelah penampilan produk sudah bagus dan menarik, jangan lupa untuk membuat konten positif dan posting dengan tampilan menarik di sosial media. Bagaimana? Mudah kan memulai bisnis online untuk pemula. Lakukan saja step by stepnya untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *