Warehouse Logistics

Tips Meningkatkan Warehouse Inventory Management pada Bisnis Anda

Diposting pada

Apabila Anda mampu mengelola gudang dengan baik, maka warehouse inventory management gudang pun bisa ikut membaik. Dampaknya adalah produktivitas di gudang semakin meningkat pula, dan memberikan hasil positif untuk kemajuan bisnis yang Anda miliki. Itulah mengapa sebagai pebisnis, harus tahu bagaimana caranya memanage warehouse dengan benar.

Terlihat sangat sederhana dan mudah, namun berkat penataan gudang yang terorganisir saja bisa membuat dapatkan banyak keuntungan. Misalnya menurunkan biaya overhead, stok selalu terpantau dengan baik, menghemat waktu dan lain sebagainya.

Tips Tingkatkan Warehouse Inventory Management

Bagi Anda yang penasaran dengan cara meningkatkan manajemen warehouse inventory, simak tipsnya berikut ini:

1. Rencanakan Ruang Gudang

Karena setiap sudut gudang dibiayai listrik, pemanas atau pendingin ruangan, dan sebagainya. Jadi jika Anda tidak memperhitungkan luas gudang yang dibutuhkan dengan tepat, maka Anda akan menghabiskan uang untuk biaya perawatan bangunan yang tak produktif alias tidak dipakai.

2. Atur Penyimpanan Stok

Ketahui barang yang banyak disukai masyarakat, letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Tujuannya supaya lebih cepat memenuhi kebutuhan pasar dan tidak mengecewakan konsumen Anda.

3. Membuat Rencana Demand untuk Masa Depan

Anda harus bisa melihat tren produk sendiri, jadi tahu kapan masa yang tepat untuk melebihkan stok supaya permintaan pasar tetap terhandle saat naik.

4. Selalu Adaptasi dengan Keadaan

Jangan membiarkan gudang Anda diatur dengan sistem yang sama sepanjang tahun. Lakukan audit rutin dalam jangka waktu tertentu, supaya bisa mendeteksi berbagai kondisi yang terjadi di gudang. Kemudian mencari solusi yang bisa dilakukan.

5. Bagi Segmen Gudang

Gunakan metode segmen gudang untuk memaksimalkan penyimpanan stok, dan para pekerja harus mengetahui segmen gudang supaya lebih mudah ketika menyimpan barang, mengambil barang, menyimpan barang reject dan sebagainya.

6. Pelabelan

Disebut juga sebagai SKU atau Stock Keeping Unit, mempermudah pekerja untuk mengenali barang. Boleh juga memakai sistem barcode, yang mana setiap produk tidak akan ada nomor yang sama dan tidak akan terjadi pendataan dobel. Dengan adanya pelabelan, maka lebih mudah dalam mengatur gudang, petugas bisa melihat apakah barang tersebut harus disimpan, dipak, dikirim atau dibuang karena barang reject atau rusak.

7. Cross Docking

Yang dimaksud sebagai cross docking adalah sebuah proses manajemen rantai pasok yang bisa membantu Anda mengurangi waktu penyimpanan stok di gudang. Jadi yang terlibat di dalam metode ini adalah mulai dari pembongkaran produk dari kendaraan masuk, disimpan sesuai label, lalu keluar di waktu yang telah ditentukan sesuai jadwalnya.

8. Pelatihan Staff Profesional

Untuk manajemen gudang yang baik perlu staff yang kompeten, oleh sebab itu jangan ragu untuk berinvestasi pada para staff. Bekali mereka dengan pengetahuan manajemen gudang, dan Anda akan sangat terbantu dengan hal tersebut.

9. Utamakan Standar dan Keselamatan Bekerja

Jangan sepelekan hal ini, sebab jika gudang Anda aman untuk para staff maka bisa meminimalisir banyak risiko. Contohnya bisa mencegah kecelakaan kerja, rusaknya barang karena penyimpanan yang kurang tepat, sampai risiko pencurian. Anda bisa mengkonsultasikannya dengan yang lebih paham tentang standar keselamatan kerja di warehouse.

Jasa Sewa Gudang Terbaik untuk Bisnis Anda

Setelah menyimak tips untuk meningkatkan manajemen warehouse inventory bisnis di atas, Anda pasti memiliki pandangan yang baru dalam strategi untuk memajukan bisnis. Salah satunya dengan memilih sewa gudang sebagai solusi cepat, dibandingkan membangun gudang sendiri. Bila modal Anda cukup, tentu jauh lebih baik memiliki bangunan gudang sendiri, namun untuk usaha baru yang masih merintis dengan modal terbatas, menyewa gudang jadi pilihan terbaik.

Jasa gudang Shipper adalah layanan gudang yang paling bagus untuk bisnis Anda. Sangat disarankan untuk berbagai skala bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah hingga bisnis besar. Pengalaman Shipper dalam memberikan layanan penyimpanan barang, pengemasan barang bahkan sampai pengiriman produk bisnis juga sangat banyak.

Ditambah lagi lokasi warehouse yang Shipper miliki ada di lokasi yang strategis, berada di pusat kota dan mudah untuk dijangkau dari berbagai akses transportasi. Anda juga bisa menentukan paket layanan sendiri, sesuaikan dengan kebutuhan usaha yang dimiliki.